SEJARAH
ANIMASI
Tahukahkamukalauternyataduniaanimasisudahdiawalisejakribuantahun
yang lalu? Yap!
Sebetulnyasejakjamandahulumanusiasudahmengenalanimasidenganmencobamenganimasigerakgambarbinatang.Seperti
yang pernahditemukanolehparaahlipurbakala di Gua Lascaux Spanyol
Utara.Merekamenemukangambarceleng, bison, dankudaberkakidelapan yang
digambaroleh orang
purba.Merekamencobamenangkapgeraklaricepatbinatangtersebut.Sementaraitu orang
mesirkunomenghidupkangambarmerekadenganurutangambar-gambarparapegulat yang
sedangbergumul, sebagaidekorasidinding.Gambarinidibuatsekitartahun 2000
sebelumMasehi.
Seiringberkembangnyaduniapertelivisian,
duniaanimasijugaikutberkembang.Mulanyaanimasidiciptakan 2D Animasi.Karyaanimasi
2D yang menuaikesuksesanantaralain Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia
(1940) produksi Walt Disney dimanatokoh-tokohnyamampubertahansampaisekarang. Pembuatan film
animasitersebutmulanyadenganmembuatsketsagambar yang digerakkansatu demi
satu.Satudurasianimasimemerlukangambar yang sangatbanyak.
Kemudianditemukanlahteknikanimasisel,
yang dapatmempermudah proses pembuatan film animasi 2D. Kertasgambar yang
biasadipergunakandigantidengankertastransparan yang terbuatdaribahan celluloid
sheet.Teknikanimasiselinilah yang kemudiandiadopsidalamanimasikomputer.
Kertasgambardalampembuatananimasisebelumnyakemudiandiprogrammenjadi
frame di komputer. Sehingga yang semulaberupakumpulangambar-gambarmaka di
komputerhaltersebutsudahmerupakankumpulandari frame-frame yang
tersusundalamsebuahalurwaktu.Adanyaperubahanpergerakansuatuobjek
yang
dianimasiolehkomputerdapatdibuatmenjadisebuahkeyframe.Sehinggamenjadijauhlebihefektifdanefisiendibandingkandengananimasi
yang dilakukan manual.
Masa
2D
sudahmulaiditinggalkandenganberkembangnyateknologikomputer.Sehinggaterciptalah animasi 3D yang
mempunyaiukuranpanjang,lebar,dantinggi ( Z-axis)
sehinggaobjekdanpergerakkannyahampirmendekatiaslinya. Perkembanganinijugadilengkapidenganberbagai software canggihseperti
Macromedia flash, GIF animation, dan Corel Rave (untukanimasi 2D).Sedangkan3D
MAX Studio, Alias Wave Front AMA, Light Wave, dan Cinema 4D (untukanimasi 3D).
Perkembanganinimemungkinanimasibukanhanyasebatasmembuatobjek,
tetapijugamencakup proses pewarnaan, modifikasitekstur, karakterisasi,
objekmorfing, pemberiancahayakamera, sertapemberianefek-efekuntukmembuatobjektersebutmenyerupaiaslinya.
NO
|
KALIMAT
|
KONFIKS
|
MAKNA
|
FUNGSI
|
1.
|
. Pembuatan film
animasitersebutmulanyadenganmembuatsketsagambar yang digerakkansatu demi
satu. Satudurasianimasimemerlukangambar yang sangatbanyak.
|
Pe - an
|
1. Menyatakanmakna 'cara, proses
atauperbuatan'
Contoh: Pengawasanujiandilakukandenganketat. →pengawasan: 'proses mengawasi' 2.Menyatakanmakna 'hasil' 3. Menyatakanmakna'tempat' 4. Menyatakanmakna 'perihal' |
Kata kerja
|
2.
|
. Gambarinidibuatsekitartahun 2000
sebelumMasehi.Seiringberkembangnyaduniapertelivisian
|
Per - an
|
1. Menyatakanmakna
'cara, proses atauperbuatan'
Contoh: Pengawasanujiandilakukandenganketat. |
Kata benda
|
3.
|
. Adanyaperubahanpergerakansuatuobjek
yang dianimasiolehkomputerdapatdibuatmenjadisebuahkeyframe
|
Per –an
|
Menyatakanhalperbuatan
|
Kata kerja
|
4.
|
. Perkembanganinijugadilengkapidenganberbagai
software canggihseperti Macromedia flash, GIF animation, dan Corel Rave
(untukanimasi 2D).
|
Per – an
|
Menyatakanhalperbuatan
|
Kata kerja
|
5.
|
Perkembanganinimemungkinanimasibukanhanyasebatasmembuatobjek,
|
Per – an
|
Menyatakanhalperbuatan
|
Kata kerja
|
6.
|
, pemberiancahayakamera, sertapemberianefek-efekuntukmembuatobjektersebutmenyerupaiaslinya
|
Pe - an
|
1. Menyatakanmakna
'cara, proses atauperbuatan'
Contoh: Pengawasanujiandilakukandenganketat. |
Kata kerja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar