Rabu, 21 Oktober 2015

SEJARAH ANIMASI


SEJARAH ANIMASI

Tahukahkamukalauternyataduniaanimasisudahdiawalisejakribuantahun yang lalu? Yap! Sebetulnyasejakjamandahulumanusiasudahmengenalanimasidenganmencobamenganimasigerakgambarbinatang.Seperti yang pernahditemukanolehparaahlipurbakala di Gua Lascaux Spanyol Utara.Merekamenemukangambarceleng, bison, dankudaberkakidelapan yang digambaroleh orang purba.Merekamencobamenangkapgeraklaricepatbinatangtersebut.Sementaraitu orang mesirkunomenghidupkangambarmerekadenganurutangambar-gambarparapegulat yang sedangbergumul, sebagaidekorasidinding.Gambarinidibuatsekitartahun 2000 sebelumMasehi.

Seiringberkembangnyaduniapertelivisian, duniaanimasijugaikutberkembang.Mulanyaanimasidiciptakan 2D Animasi.Karyaanimasi 2D yang menuaikesuksesanantaralain  Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia (1940) produksi Walt Disney dimanatokoh-tokohnyamampubertahansampaisekarang. Pembuatan film animasitersebutmulanyadenganmembuatsketsagambar yang digerakkansatu demi satu.Satudurasianimasimemerlukangambar yang sangatbanyak.

Kemudianditemukanlahteknikanimasisel, yang dapatmempermudah proses pembuatan film animasi 2D. Kertasgambar yang biasadipergunakandigantidengankertastransparan yang terbuatdaribahan celluloid sheet.Teknikanimasiselinilah yang kemudiandiadopsidalamanimasikomputer.

Kertasgambardalampembuatananimasisebelumnyakemudiandiprogrammenjadi frame di komputer. Sehingga yang semulaberupakumpulangambar-gambarmaka di komputerhaltersebutsudahmerupakankumpulandari frame-frame yang tersusundalamsebuahalurwaktu.Adanyaperubahanpergerakansuatuobjek yang dianimasiolehkomputerdapatdibuatmenjadisebuahkeyframe.Sehinggamenjadijauhlebihefektifdanefisiendibandingkandengananimasi yang dilakukan manual.

Masa 2D sudahmulaiditinggalkandenganberkembangnyateknologikomputer.Sehinggaterciptalah animasi 3D yang mempunyaiukuranpanjang,lebar,dantinggi ( Z-axis) sehinggaobjekdanpergerakkannyahampirmendekatiaslinya. Perkembanganinijugadilengkapidenganberbagai software canggihseperti Macromedia flash, GIF animation, dan Corel Rave (untukanimasi 2D).Sedangkan3D MAX Studio, Alias Wave Front AMA, Light Wave, dan Cinema 4D (untukanimasi 3D).
Perkembanganinimemungkinanimasibukanhanyasebatasmembuatobjek, tetapijugamencakup proses pewarnaan, modifikasitekstur,  karakterisasi, objekmorfing, pemberiancahayakamera, sertapemberianefek-efekuntukmembuatobjektersebutmenyerupaiaslinya.

NO
KALIMAT
KONFIKS
MAKNA
FUNGSI
1.
. Pembuatan film animasitersebutmulanyadenganmembuatsketsagambar yang digerakkansatu demi satu. Satudurasianimasimemerlukangambar yang sangatbanyak.

Pe - an
1. Menyatakanmakna 'cara, proses atauperbuatan'
Contoh:
Pengawasanujiandilakukandenganketat.
pengawasan: 'proses mengawasi'
2.Menyatakanmakna 'hasil'
3. Menyatakanmakna'tempat'
4. Menyatakanmakna 'perihal'

Kata kerja
2.
. Gambarinidibuatsekitartahun 2000 sebelumMasehi.Seiringberkembangnyaduniapertelivisian

Per - an
1. Menyatakanmakna 'cara, proses atauperbuatan'
Contoh:
Pengawasanujiandilakukandenganketat.
Kata benda
3.
. Adanyaperubahanpergerakansuatuobjek yang dianimasiolehkomputerdapatdibuatmenjadisebuahkeyframe
Per –an

Menyatakanhalperbuatan
Kata kerja
4.
. Perkembanganinijugadilengkapidenganberbagai software canggihseperti Macromedia flash, GIF animation, dan Corel Rave (untukanimasi 2D).
Per – an


Menyatakanhalperbuatan
Kata kerja
5.
Perkembanganinimemungkinanimasibukanhanyasebatasmembuatobjek,
Per – an

Menyatakanhalperbuatan
Kata kerja
6.
, pemberiancahayakamera, sertapemberianefek-efekuntukmembuatobjektersebutmenyerupaiaslinya
Pe - an
1. Menyatakanmakna 'cara, proses atauperbuatan'
Contoh:
Pengawasanujiandilakukandenganketat.
Kata kerja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar